Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Selasa, 28 April 2009

4 Tahap Memperoleh Beasiswa

4 (empat) Tahap Memperoleh Beasiswa
Memperoleh Beasiswa tidaklah mudah, namun juga bukan hal yang mustahil. Yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara melalui tahap demi tahap seleksi dengan baik. Setiap Tahap membutuhkan perhatian yang berbeda. Jadi, ketepatan persiapan pada tiap tahap akan semakin membuka peluang Anda dalam memperoleh Beasiswa
Secara umum tahapan untuk mendapatkan beasiswa ada 4 tahap, yaitu:
1. Menentukan Pilihan Beasiswa
Tahapan ini sangat krusial. Pilihan yang Anda tentukan tidak hanya mempengaruhi Anda akan lulus atau tidaknya beasiswa, tetapi juga menentukan masa depan Anda. Hal yang paling penting dalam menentukan pilihan adalah kesesuaian dengan minat Anda. Kesesuaian pilihan dengan minat Anda akan meningkatkan semangat juang Anda dalam persaingan.
Jangan memilih suatu bidang studi atau tawaran beasiswa hanya karena trend. Fokuslah pada cita-cita Anda. Bidang studi atau tawaran beasiswa yang tidak sesuai dengan cita-cita atau minat Anda hanya akan membuang-buang waktu. Jangan silau dengan besarnya nilai beasiswa atau kesempatan pergi ke luar negeri.
2. Mengajukan Aplikasi
Aplikasi yang dikirimkan adalah kontak pertama Anda dengan intitusi pemberi beasiswa. Aplikasi Anda harus mampu menunjukkan kualitas Anda. Jangan lupa, di meja petugas seleksi ada ribuan atau puluhan ribu aplikasi lain bersama aplikasi Anda sendiri.
Setiap bagian aplikasi mulai dari data personal, riwayat karir, statement, hingga referensi harus membuat Anda berbeda dari pengaju aplikasi lainnya.
3. Tahap Seleksi
Tahap seleksi, berapapun tahapnya, adalah proses mencocokkan impresi petugas seleksi terhadap dokumen Anda dengan kenyataannya. Jadi dalam proses tersebut misi Anda adalah menunjukkan apa yang Anda tulis atau malah lebih baik.
Jangan sampai terjadi hal sebaliknya, apa yang Anda tulis ternyata tidak seindah aslinya. Untuk itu, hindari memberi keterangan palsu dalam aplikasi.Juga, hindari meminta orang lain menuliskan aplikasi Anda. Karena dengan demikian Anda tidak akan mampu menjiwai aplikasi Anda.
4. Pre-departure preparation
Proses ini adalah tahap akhir dari perjuangan Anda memperoleh beasiswa. Biasanya pada tahap ini dilakukan pemantapan terhadap kemampuan bahasa Anda. Pada beberapa program, tahap ini juga menekankan pada pemberian pemahaman budaya di negara yang bersangkutan