Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Selasa, 28 April 2009

Promosi Web

Promosi Web
Kemampuan berinternet (menjelajahi internet) saat ini telah menjadi satu kewajiban bagi setiap orang. Kemudahaan yang ditawarkan oleh internet memungkinkan kita untuk bertransaksi, berbelanja, berbisnis, berkenalan, berkonsultasi bahkan kencan melalui internet.
Internet sebagai sumber informasi berkembang menjadi satu potensi pasar bagi bisnis maupun individu. Website komersial pun berkembang untuk ikut andil berebut peluang bisnis di internet melihat pesatnya juga pertumbuhan pengguna internet.
Semakin banyak bisnis yang memasarkan bisnisnya melalui website karena PELUANG yang ditawarkan internet sekaligus menjawab tantangan persaingan global selain juga website bagi sebuah bisnis adalah sebagai nilai profesionalisme dan kredibilitas perusahaan dimata konsumen/calon konsumen bahkan dimata kompetitor.
Hal ini menyebabkan munculnya jutaan website di internet…lalu permasalahan baru muncul, dengan adanya jutaan website, memunculkan kompetisi baru, bagaimana menjadi UNIK diantara belantara internet? Bagaimana mendapatkan perhatian prioritas di internet?
Promosi web adalah jawabannya.Internet menjadi belantara website dan keberadaan mesin pencari menjawab kebutuhan penggunan internet untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Lebih dari 80% pengguna internet, menggunakan mesin pencari (search engine) sebagai langkah awal mereka untuk mendapatkan informasi, membeli produk dan lain-lain, bukankah kita juga demikian?
Jadi, promosi web disini dapat diartikan sebagai solusi bagaimana memasarkan dan menjadikan website Anda disukai oleh mesin pencari? Bagaimana menjangkau calon-calon kustomer yang sangat potensial sehingga mereka sampai pada website Anda? Bagaimana agar website Anda tampil pada urutan 10 besar hasil pencarian search engine.
Promosi web dapat dilakukan dengan beberapa cara, saat ini ada dua hal yang paling disukai oleh mesin pencari:1. Kata kunci/keyword yang tertanam dalam kode HTML dalam website Anda2. Link yang mengarah pada website Anda.
KATA KUNCI/KEYWORDSebagaimana dalam kehidupan sehari-hari, kata-kata sangatlah dahsyat dampaknya bagi kita. Sudah banyak bukti, karena kata-kata orang menjadi kaya, mati, miskin, gila dan sebagainya. Begitu juga dalam dunia promosi web, pemilihan dan penyusunan kata-kata yang merepresentasikan produk/layanan Anda menjadi langkah awal untuk sukses mempromosikan website Anda pada mesin pencari.
Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat untuk promosi web, berpikirlah sebagai seorang calon kustomer Anda, kira-kira apa kata yang akan mereka ketikkan pada mesin pencari untuk mendapatkan informasi seputar produk/layanan Anda? Catatlah semua kemungkinan kata dan kombinasi kata-kata yang dapat mewakili produk/layanan Anda. Tidak harus menggunakan satu kata, Anda dapat mengkombinasi lebih dari satu kata untuk memperbesar peluang website Anda tampil pada 10 besar hasil pencarian. Sebagai contoh jika bisnis Anda bergerak seputar travel dengan target market lokal (indonesia), maka kata kunci yang kiranya potensial untuk travel lokal adalah: wisata ke bali, travel murah, wisata keluarga, wisata liburan dan lain-lain.
Satu catatan tambahan yang mungkin terdengar lucu tapi cukup efektif, jangan lupa sertakan dalam keyword Anda kata-kata yang salah dalam pengejaan kata kunci, seperti contoh menyertakan kata kunci: untuk kata travel, cobalah juga menyertakan trafel dan lain-lain yang dapat Anda kembangkan. Mengapa demikian? Tidak semua orang yang menggunakan mesin pencari adalah orang berpendidikan, orang yang cerdas sehingga kesalahan ketik sering juga terjadi dan sim salabim…Anda pun bisa menjangkau lebih luas pasar lagi bukan?
Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, ada banyak tool di internet yang akan sangat membantu memformulasikan kata kunci untuk website Anda. Salah satunya yang menjadi favorit saya adalah: Google Keyword dan Google Trends. Kedua tool ini bersifat online dan gratis, jadi Anda dapat menggunakannya tanpa perlu instalasi di komputer Anda dan tanpa perlu bayar. Karena google adalah mesin pencari terbesar saat ini, menggunakan tool dari google menjadi satu pilihan yang masuk akal.
LINK (Back Link)Mesin pencari SANGAT menyukai website yang memiliki banyak link dari website lain (Back Link). Artinya website lain yang merekomendasikan dan menyertakan sebuah link yang mengarah/menuju pada website Anda. Ibaratnya seperti contoh berikut:Jika Anda memiliki sebuah bisnis travel misal bernama Travel Bali Tour di Jakarta dan suatu hari jika seseorang bertanya pada sahabatnya/famili/orang yang mereka kenal, “Apa travel yang baik untuk layanan wisata ke Bali?”, jika seseorang memberikan jawaban, “pake aja Travel Bali Tour”, maka rekomendasi itu sangat efektif bukan? Demikian juga cara kerja mesin pencari secara umum. Mesin pencari memprioritaskan website yang memiliki banyak link dari website lain.